Menu
SAJIAN ISI

Teknologi Perbanyakan Bibit yang Paling Efektif

Bibit sawit Bibit sawit

Teknologi somatik embriogenesis (SE) diyakini dapat meningkatkan efektivitas pengembangan bibit. Untuk itu Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan mendorong pengembangan teknologi ini untuk memenuhi bibit tanaman dalam negeri.

Baru-baru ini Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menyatakan, dengan teknologi SE akan mendapatkan tanaman seperti aslinya, seperti halnya teknologi 'cloning'. Oleh karena itu, harus dikembangkan sehingga mampu menyuplai kebutuhan bibit untuk perkebunan di Indonesia.

Teknologi ini, menurut Nasir, telah dikembangkan pada tanaman kopi, kakao, pisang, dan kelapa sawit yang menghasilkan jutaan bibit. "Sekarang yang berkembang adalah SE, misalnya dari satu daun atau dua daun mampu menghasilkan sebanyak satu juta bibit," kata dia.

Jika teknologi SE diterapkan pada bibit sawit, Nasir yakin perkebunan sawit akan berkembang cepat tanpa takut kekurangan pasokan bibit. Dan jika bisa diterapkan menyeluruh, dia optimis permintaan bibit bisa terpenuhi. Sehingga bisa menyuplai kebutuhan di daerah-daerah sentra penghasil sawit.

Nasir menambahkan, sebenarnya teknologi SE sudah lama diterapkan di Indonesia oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Jember. Puslitkoka memanfaatkan teknologi SE untuk pengembangan bibit kakao dan kopi.

Atas keberhasilan tersebut, pihaknya telah memberikan apresiasi, dan berupaya untuk mendorong pengembangannya. Menurut M. Nasir, setelah melihat laboratorium teknologi SE yang dibuat, prospek kopi di Indonesia akhirnya bisa memenuhi target hingga 2017. Harapannya, hal itu bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. ’’Pemanfaatan tersebut bisa dilakukan dengan cara dikomersialisasikan ke PTPN,’’ katanya.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS Archipelago edisi Februari 2015. Dapatkan di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id