Menu
SAJIAN ISI

Harga Lelang Gula di Atas HPP, Petani Masih Mengeluh Featured

Harga Lelang Gula di Atas HPP, Petani Masih Mengeluh

Petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mengeluhkan rendahnya harga lelang gula meski sejatinya harga lelang tersebut masih di atas harga pokok produksi (HPP) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp8.900 per kg.

Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Nasional APTRI M. Nur Khabsyin mengungkapkan, seharusnya bulan puasa tahun ini menjadi kesempatan bagi petani tebu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena permintaan masyarakat terhadap gula pasir sedang meningkat.

"Sedangkan pasokan juga belum surplus, mengingat musim giling pabrik gula baru saja dimulai," kata Nur, belum lama ini.

Pada awal musim giling tebu tahun ini harga gula kristal putih petani mengalami anomali harga. Harga lelang gula kristal putih yang pernah menembus Rp 11.000 per kg  turun menjadi Rp9.600 per kg dalam waktu sebulan. Namun, kondisi tersebut tidak diikuti dengan penurunan harga gula petani di pasar konsumsi, yang saat ini harga rata-rata nasional Rp 13.000 per kg.

Harga lelang gula pada 3 Juli 2015 hanya Rp 9.600 per kg, sedangkan lelang sebelumnya Rp11.000 per kg. Ia mengatakan hasil lelang secara bertahap turun dari Rp 10.200, kemudian turun lagi menjadi Rp 9.800, dan kini Rp 9.600 per kg.

Selengkapnya baca di Majalah HORTUS Archipelago edisi Agustus 2015. Dapat diperoleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id