Menu
SAJIAN ISI

PG KTM di Lamongan Rangkul 3 Ribu Petani Featured

PG KTM di Lamongan Rangkul 3 Ribu Petani

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani menegaskan, investasi gula diharapkan bisa memberikan kesejahteraan bagi petani tebu. Salah satunya melalui realisasi investasi pabrik gula yang dilakukan oleh PT Kebun Tebu Mas (KTM) di Lamongan, Jawa Timur.

Menurut Franky, KTM telah menjalin kemitraan yang saling menguntungkan dengan 3.000 petani. Bentuk kemitraan itu antara lain penyediaan bibit unggul dan technical assistant untuk mengenalkan teknologi terbaru dalam proses penanaman tebu.

“Hal ini akan berlanjut pada peningkatan produktivitas petani,” ujar Franky, belum lama ini, di Jakarta. Bibit menjadi salah satu kendala yang dihadapi petani. Untuk itu, pemerintah berencana mengimpor bibit tebu dari Kolombia untuk meningkatkan produksi.

Selain itu, lanjut Franky, KTM melakukan inovasi dalam proses jual beli tebu yang lebih transparan. Proses ini dimulai dari perhitungan nilai rendeman tebu menggunakan metode core sampler hingga mekanisme pembayaran tebu yang dilakukan bekerjasama dengan Bank BRI. Rendemen tebu yang rendah sering mengecewakan petani.

Investasi yang dilakukan oleh KTM juga berkontribusi positif pada upaya pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja sebesar 2 juta orang per tahun. "Untuk dapat memenuhi target tersebut, salah satu strategi yang ditempuh pemerintah adalah menjadikan investasi padat karya sebagai fokus dan prioritas investasi," kata Franky.

Membangun pabrik gula baru menjadi salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan kemandirian gula. Selain membangun pabrik baru, pemerintah juga akan melakukan revitalisasi terhadap sejumlah pabrik gula secara bertahap.

Franky menambahkan, KTM tercatat memiliki rencana investasi sebesar 522 juta dolar AS dan telah merealisasikan investasinya sebesar Rp 2,5 triliun dengan kebutuhan tenaga kerja baru sebesar 1.200 orang. Perusahaan tersebut memproduksi molases sebesar 100 ribu ton, gula tebu sebesar 1,08 juta ton (sekitar 50% untuk memenuhi pasar ekspor), dan tebu sebesar 10,8 juta ton. *** SH

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id