Menu
SAJIAN ISI

Wapres Minta Agar Bea Masuk Kakao RI ke Eropa Bisa Turun Featured

Wapres Minta Agar Bea Masuk Kakao RI ke Eropa Bisa Turun

Ekspor kakao asal Indonesia ke Eropa selama ini dikenakan bea masuk sekitar 5%. Di sisi lain, ekspor komoditas sejenis asal Pantai Gading dan Ghana dibebaskan dari bea masuk. Untuk itu, Wapres Jusuf Kalla minta agar perlakuan diskriminatif ini bisa dikaji ulang dengan melobi Komisi Eropa.

Baru-baru ini, Euromonitor International Limited melansir data yang menunjukkan bahwa Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) masih tetap menjadi konsumen terbesar kakao di dunia. Meski demikian pasar negara-negara Asia Pasifik, seperti Tiongkok, Rusia, India, Jepang dan Timur Tengah terus naik menggembirakan seiring dengan meningkatnya pertumbuhan di tahun-tahun mendatang.

Potensi pasar kakao olahan akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya konsumsi global. Bahkan, perlambatan ekonomi yang saat ini banyak terjadi di berbagai belahan dunia, tidak akan mempengaruhi permintaan cokelat secara global.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui, memang secara tradisional di Asia, cokelat belum menjadi pilihan utama. Seperti halnya di India dan Tiongkok yang memiliki total populasi lebih dari 2,5 miliar jiwa, saat ini baru mengkonsumsi 250 gram cokelat per kapita per tahun.

 “Tapi seiring dengan pertumbuhan ekonomi Asia, permintaan akan meningkat, sehingga ke depan mengkonsumsi cokelat akan menjadi kebiasaan baru,” kata Jusuf Kalla, dalam sambutannya pada jamuan santap malam Triannual Cocoa Dinner yang diselenggarakan oleh Federasi Perdagangan Kakao atau The Federation of Cocoa Commerce (FCC) di JW Marriot London, Inggris, baru-baru ini

Selengkapnya baca di majalah HORTUS Archipelago edisi Juni 2015. Dapat diperoleh di toko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id