Menu
SAJIAN ISI

komoditas kakao

Kementan Apresiasi Petani Pemenang Kontes Hari Kakao

Jakarta- Dalam rangka memperingati Hari Kakao Indonesia, Direktorat Perkebunan Kementerian pertanian (kementan) bekerjasama dengan Dewan Kakao dan Pusat Penelitian Kakao dan Kopi (Puslitkoka) memberikan apresisasi penghargaan untuk lomba kebun kakao berproduksi tinggi.
 
Dengan juara pertama diraih oleh Burhanuddin petani kakao asal Solok Sulawesi Barat, juara dua dimenangkan oleh H. Siantar asal Sulawesi Barat, juara tiga Burhanuddin dari Sulawesi Tengah, dan Untung Junaidi asal Lampung Selatan menempati di posisi  harapan pertama.
 
"Penilaian lomba kebun kakao dilakukan di sentra perkebunan nasional,  ini untuk memberi motivasi kepada para petani kakao yang telah meningkatkan produksinya," kata Bambang MM, Dirjen Perkebunan Kementan, pada acara peringatan Hari Kakao Indonesia yang dilaksanakan tanggal 25 Oktober 2018 di Mall Taman Anggrek Jakarta. Dengan mengusung tema Cokelatku, Budayaku, Indonesiaku.
 
Pada kesempatan tersebut Bambang juga menyampaikan bahwa untuk meningkatkan produktifitas kakao maka komitmen swasta  dalam menciptakan dan memperkuat kemitraan sangatlah penting. Sebab saat ini luasan kebun kakao nasional  96% merupakan kebun rakyat, sehingga perlu pembinaan, pengawalan dan pendampingan.
 
"Kemitraan penting dalam pengembangan kakao selain peningkatan produktivitas dan mutu kakao nasional, serta mendorong kemitraan industri dan Petani, tentunya petani kakao dengan kelembagaan yang kuat," kata Bambang.
 
Saat ini Indonesia menjadi penghasil kakao ke tiga didunia, Dengan luas kebun kakao secara nasional 1,7 juta hektar, tapi produksinya 650 ribu ton/tahuan padahal bila dari segi on farm diurus dengan baik bisa sampai 4-5 kali lipat dan berpotensi menjadi penghasil kakao nomer 1 di dunia.
 
"Kalau ini diurusi dengan baik, dari ketersediaan air, sarana produksi, pupuk, petaninya memelihara dengan baik, hasilnya bisa meningkat 4-5 kali lipat", tegas Bambang. 
 
Hari Kakao Indonesia yang diperingati setiap tanggal 16 September, pada tahun 2018 ini diperingati dengan kehadiran para narasumber seperti Adnan Anwar Saleh (Pemerhati kakao yang juga Mantan Gubernur Sulawesi Barat), Achmad Manggabarani (Ketua Forum Pengembangan Perkebunan Strategus Berkelanjutan, yang juga mantan Dirjen Perkebunan), Fay Fay Choo (Asia Director For Cocoa Sustainable Sourcing of Mars Incorporated).

 

Selengkapnya
Subscribe to this RSS feed
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id