Menu
SAJIAN ISI

Saatnya Kini Menggenjot Konsumsi Karet Domestik

Saatnya Kini Menggenjot Konsumsi Karet Domestik

Dewan Karet Indonesia meminta pemerintah agar lebih meningkatkan konsumsi karet domestik, pasalnya penyerapan karet di dalam negeri dinilai masih sangat kecil. Penyerapan yang masih sangat kecil ini yang mengakibatkan penurunan harga karet alam sejak tahun lalu.

Guna menstabilkan harga karet dalam negeri, perlu adanya pengembangan teknologi yang bisa menyerap karet untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan dan industri ban pesawat.

Ketua Dewan Karet Indonesia, Aziz Pane menjelaskan, dengan mengalihkan pasar ekpor karet dari luar negeri ke pasar domestik diyakini mampu mengatrol harga jualnya. Saat ini, tujuan ekspor karet Indonesia yang paling besar adalah ke Amerika Serikat (AS), dimana ekspor karet mentah ke Amerika ini mencapai 400.000 ton per tahun.

"Untuk ekspor terbesar kedua adalah Jepang sebanyak 270.000 ton. Menyusul kemudian, ekspor ke Tiongkok sebanyak 260.000 ton, India 136.000 ton, dan yang mulai mengalami kenaikan adalah ekspor karet alam ke Brasil sebesar 74.000 ton," jelas Aziz.

Sejak satu tahun terakhir ini, harga karet yang terus melorot menyebabkan banyak petani karet yang memilih beralih profesi. Untuk meningkatkan harga, pemerintah dan negara-negara produsen karet di ASEAN seperti Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam mencari opsi meningkatkan harga.

Ditambahkan Aziz, pemerintah dan negara produsen karet saat ini terus berupaya meningkatkan kontrol terhadap kelebihan pasokan karet yang menyebabkan penurunan harga komoditas ini. Salah satu komitmen yang diputuskan bersama adalah masing-masing negara produsen karet menargetkan konsumsi karet dalam negeri sebesar 10% dari total produksi per tahun.

Selengkapnya baca di Majalah Hortus Archipelago edisi April 2015. Dapat diperoleh ditoko buku Gramedia dan Gunung Agung terdekat.

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id