Menu
SAJIAN ISI

Michelin Akan Bangun Pabrik Karet di Indonesia

Michelin Akan Bangun Pabrik Karet di Indonesia

Produsen ban dunia kenamaan asal Perancis, Compagnie Financiere Michelin berniat untuk membangun pabrik pengolahan karet di Indonesia. Pembangunan pabrik tersebut merupakan patungan antara Michelin dengan anak usaha Barito Pacific, yakni PT Chandra Asri Petrochemical Tbk.

Menurut rencana, ujar Menteri Perindustrian Saleh Husin, Michelin juga akan memiliki perkebunan karet sendiri untuk mendukung produksi ban mereka. Hanya memang, butuh waktu untuk menghasilkan karet dari kebun yang akan dirintis tersebut.

Untuk itu, sebelum menggunakan hasil dari perkebunan karet sendiri, Saleh minta Michelin agar menggunakan produksi karet petani lokal untuk bahan baku pembuatan bannya. Hal ini selain dapat memenuhi kebutuhan produksi ban, juga dapat membantu hasil karet para petani untuk diserap industri.

"Pabriknya kan baru beroperasi 2019, perkebunan karet juga membutuhkan waktu yang tak singkat untuk menghasilkan. Karena itu, saya minta Michelin lebih dahulu menyerap karet petani," ujar Saleh usai menerima Corporate Vice President Public Affairs Michelin Eric Le Corre di Jakarta, baru-baru ini.

Saleh lebih jauh mengemukakan, sejauh ini produk karet alam terbanyak Indonesia dihasilkan dari Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, Jambi, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Jika produksi karet alam terserap oleh Michelin, diharapkan bakal pula meningkatkan serapan karet lokal ke industri.

Dirjen Basis Industri Manufaktur (BIM) Kemenperin Harjanto menambahkan, saat ini serapan karet lokal untuk industri hanya sekitar 20%. Hal ini tertinggal jauh jika dibandingkan dengan Thailand dan Malaysia yang sudah mampu menyerap hingga 40% dari total produksi karet alam mereka. "Selama ini, sepertiga kebutuhan karet di unit-unit produksi Michelin seluruh dunia berasal dari Indonesia. Karena itu, dengan pembangunan pabrik karet di Indonesia, diharapkan dapat menambah serapan karet alam lokal," ujar dia. *** AP

Tinggalkan Pesan Anda

Kolom yang bertanda bintang wajib diisi.

KEMBALI KE ATAS
Info for bonus Review William Hill here.

iklan anda

Kanal Terkait

Departemen

Telusuri Kami

logo bawah

Alamat Redaksi & Usaha:
Gedung Graha BUN.
Jln Ciputat Raya No.7
Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Telp.(021) 75916652 - 53
E-mail: majalah_hortus@yahoo.co.id